Selasa, 18 Desember 2012

Anak jalanan?


Bukankah setiap anak di negeri ini berhak mendapat perlindungan oleh negara? mendapatkan pendidikan yang layak? itu seharusnya.
lalu bagaimana dengan anak jalanan? apa yang anda pikirkan ketika melihat anak jalanan? mereka itu hanyalah  anak-anak yang dirampas hak nya.hak untuk belajar dan hak bermain, tapi kenyataanya sekarang mereka berada di jalanan tidak lebih untuk mencari rupiah. mengamen, mulung, mengemis. bahkan tidak jarang mereka berbuat seperti itu atas perintah orang tua, atau lebih parahya mereka mendapat perintah dari orang yang tidak bertanggung jawab yang ingin mencari keuntungan dalam hal ini.
di perempatan yang ramai, kendaraan umum, di kerumunan sampah disanalah mereka melakukan aktifitas sehari-hari, bukankah tempat itu sangat berbahaya bagi anak-anak.
mereka seakan bertanggung jawab penuh atas kebutuhan diri mereka sendiri, ada pula yang menanggung beban seluruh keluarga. coba anda lihat

"Anak sekecil itu berkelahi dengan waktu

Demi satu impian yang kerap ganggu tidurmu
Anak sekecil itu tak sempat nikmati waktu
Dipaksa pecahkan karang, lemas jarimu terkepal "

mungkin anda sering membaca kalimat itu. ya , itu merupakan lirik lagu bang iwan fals yang berjudul SORE TUGU PANCORAN, mungkin miris sekali jika melihat keadaan jaman sekarang yang katanya negara semakin maju, tapi nyatanya anjal semakin menjamur. bukankah sangat terlihat kesenjangan sosial dalam hal ini. beberapa hari yang lalu saya lumayan lega karena ternyata banyak anak jalanan yang masih semangat untuk belajar, yah semoga diantara mereka kelak bisa berguna bagi sesamanya atau bahkan di masyarakat luas.



tapi sebenarnya ini salah siapa? siapa yang bertanggung jawab atas hal ini? pemerintah ? ataukah kita juga harus ikut andil dalam menyelesaikan problem sosial ini? hati anda yang bisa menjawabnya.


sember gambar :
 http://ketapangcityku.blogspot.com/2012/07/warga-resah-anak-jalanan.html
http://djendrals-jack.blogspot.com/2012/04/kehidupan-anak-jalanan.html



0 komentar:

Posting Komentar